Jangan berhenti berjuang!

Untuk para pejuang akademisi,

Saat ini, seminggu ke depan, maupun bertahun-tahun yang akan datang, boleh saja teman dan orang lain menaksir kecerdasanmu dari deretan angka-angka di rapor.

Bagi mereka, kemampuan dan bakatmu hanya dikotak-kotakkan dalam label Matematika, Geografi, Biologi, Sejarah, Fisika, Ekonomi, Bahasa, dan seterusnya.
Bagi mereka, tingkat pencapaianmu hanya sebatas angka dua digit pada laporan kemajuan di akhir semester.

Bisa saja orang tua mengukur keberhasilan pendidikanmu hanya dari sekilas warna merah atau hijau pengumuman di layar komputer.

Bagi mereka, hijau artinya sukses dan merah artinya gagal, tanpa paham akan jerih payah dan usaha kerasmu selama ini.
Bagi mereka, seluruh hidupmu dibentuk untuk saat ini, di mana akhirnya kamu mempertaruhkan segala kepintaran dan kerja keras pada sebuah ujian.

Tidak perlu banyak mengeluh.
Standar pendidikan kala ini memang diberikan dalam bentuk nilai, dan penerimaan memang hanya ditandakan dengan warna merah ataupun hijau.
Standar pendidikan saat ini memang baru bisa melihat hasil saja, tanpa menilik proses perjuangan para akademisi di balik itu semua.

Standar pendidikan sekarang memang belum memenuhi ekspektasi kita. Tetapi, apakah kita akan terus-menerus berlindung di balik alasan tersebut?

Aku dan kamu sama-sama sungguh paham, bahwa proses perjuangan kita semua tidak bisa diukur dengan nilai dan hasil akhir saja.

Keberhargaan dirimu tidak hanya ditimbang dari nilai dan hasil seleksi semata.

Aku dan kamu sama-sama berjuang untuk memperkaya wawasan, menimba ilmu, dan belajar, bukan sekadar mencari nilai.

Porsi aku dan kamu adalah sama-sama berjuang dalam proses. Mungkin menurut aku dan kamu, hasil yang kita peroleh tidak sesuai dengan pengorbanan yang kita berikan.

Walau begitu, percayalah bahwa apapun yang terjadi, itu semua terjadi untuk hal yang lebih baik untuk masing-masing kita di masa depan.

Jagalah kejujuran hatimu dan tetaplah berusaha meskipun sulit.
Jagalah ketabahan hatimu dan jangan berhenti untuk bangkit.

Hasil yang baik memang dinilai tinggi, tetapi kejujuran dan ketabahan hati tak akan bisa digantikan oleh apapun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

disable

jomblo dan kembang api :v

Jomblo Kreatif :v