Mencontek itu sudah biasa :v


 Jadi inget pas US (ulangan semester) kemaren,
biasanya kalau mau menjelang UTS atau US itu anak-anak dari kelas 10-12 pasti duduknya di rolling, yang tadinya dikelasan lo yang pinter ada 5 orang, terus dipencar ke penjuru kelas.
dan enaknya lagi tuh adek kelas, kelas 10 atau kelas 11, kalau duduknya sama kakak kelas yang notabenenya pinter, pasti bakalan jadi acuan buat adek kelas untuk nanya ke kakak kelas... soal-soal yang kagak dimengerti.


sama hal nya seperti gue, sedikit cerita...
berhubung saat ini gue udah nggak duduk di bangku kelas 12 SMA, bisa dikatakan gue ini pinter... malahan banget!
sampe-sampe selama gue sekolah di sekolahan gue dari kelas 10-12 (tanya aja fuji :v), gue kagak pernah nyontek selama ujian, tapi selalu di contekkin sama temen-temen gue, maklum gue ini bukan hanya pinter tapi juga baik hati dan tidak sombong *benerin kerah*

biasa ya, kalau mau menjelang US itu pasti selalu dikasih kertas, dan isi dari kertas itu kalau enggak jadwal pelajaran...yaa...nomor kartu duduk kita.
dan waktu itu gue dapet nomor (waduh lupa yang jelas paling belakang) dan gue duduk paling belakang, bagi gue duduk paling belakang itu adalah suatu anugrah tersendiri sekaligus peluang buat nyontek belajar sungguh-sungguh *kibas jambul ace ventura*

Dan gue duduk sama adek kelas gue, yang mukanya masih unyu gitu, masih polos gitu dah mungkin dia belum ternodai sama sekali, dari tampang-tampangnya alim banget, selalu make peci kalau di dalam kelas. singkat cerita...waktu itu lagi ujian matematika. gue paling Benci cinta banget sama matematika, disamping sisi gue ini pandai berhitung dan disatu sisi gue emang pandai berhitung-_-

disitulah adek kelas yang gue gak kenal asal usulnya, tiba-tiba dia mencolek lengan gue dengan pelannya, padahal waktu itu gue lagi Tidur ngerjain soal dengan tenangnya, merasa dicolek oleh adek kelas, akhirnya gue menoleh ke arahnya dengan perlahan dengan muka agak ketus dan sok jual mahal gitu *maklum orang pinter*

Gue : "iya dek kenapa..?" 

adek kelas : "kak..kakak tau gak cara nomor 3 kayak gimana?" *tanya adek kelas sambil nunjukkin nomor yang dia kagak bisa*


Gue : "oh ini mah gampang, itung kancing aja..." *jawab gue dengan gantengnya*


adek kelas : ".........." *dilempar bom molotov sama adek kelas*




ya gitu deh problema orang-orang pinter seperti gue ini, tapi berhubung ngomongin soal UTS atau US, pasti ada cerita menarik yang tersimpan di dalamnya yang pasti lo sendiri pernah ngelakuin hal itu, disengaja maupun emang disengaja. dan dilakukannya itu bukan karena niat tapi emang karena kepepet dan niat-_-

ya..bener banget, nyontek!!! itu adalah kelakuan sangat terpuji bagi murid kalau lagi mendesak kalau lagi buntu banget dalam menghadapi soal yang susahnya udah kayak dewa banget, biasanya para pelajar melakukan ritual nyontek dan di contek itu, ketika lagi pelajaran yang dewa pula, misalnya matematika, fisika, kimia, ekonomi, bahasa inggris dan..........yang paling dewa banget adalah tata boga-_-
tapi kalau ngomongin soal nyontek, gue kagak pernah ngelakuin hal seprti itu, seumur-umur gue belum pernah nyontek, karena kalau gue mau nyontek...hati sanubari gue selalu berbisik, "nyontek itu pangkal koruptor" yaps..koruptor-koruptor diluar sana yang lagi dicari KPK itu rata-rata semasa dia masih anak-anak dan masih duduk dibangku sekolah itu, kerjaannya cuma nyontek, kalau kagak nyontek ya cabut sekolah.

itulah mengapa gue kagak pernah nyontek(walaupun agak sering sih  di wira :v) *benerin kerah*
tapi berbanding terbalik sih, walaupun gak pernah nyontek, tapi gue selalu dicontekkin sama temen-temen gue (yang cowok cowok -_-“), gue ini disatu sisi baik hati dan disamping itu pula gue juga dermawan, ya!! dermawan dalam membagi-bagikan kunci jawaban ketika lagi ujian berlangsung, maklum namanya...kan lo tau sendiri, manusia itu makhluk sosial yang gak bisa hidup sendiri dan harus berhubungan timbal balik antar sesamanya, maka dari itu gue peduli banget sama temen-temen gue yang lagi kesusahan dalam mengerjakan tugas.
tapi gue bukan manusia sempurna, walaupun hgue kagak pernah nyontek... tapi gue ngebet buku-_-
yang ada dibenak gue itu, "ngebet buku itu lebih mulia ketimbang nyontek sama temen", ngebet buku itu udah pasti bener jawabannya, tapi kalau nyontek sama temen...belum tentu itu bener *tsah~*

oke..maka dari itu kali ini gue tercetus banget buat ngeposting tentang menyontek, kali ini gue bakalan memaparkan lebih jelas apa sih resiko dari menyontek? dan apasih hukum dari menyontyek?, oke gue jawab aja langsung, kalau hukum menyontek itu "halal" , soalnya kagak ada tuh di dalam al-qur'an atau hadist atau al-kitab yang menjelaskan larangan menyontek, so..nyontek itu wajar-wajar aja lah...nyontek itu hukumnya menjadi "haram", ketika pengawas diruangan kaliang killer:)

oke langsung aja ini dia resiko dari nyontek....cekidot!!!
1. Kagak Percaya Diri

waktu itu tepatnya gue masih duduk di bangku taman kanak-kanak, waktu itu taman kanak-kanak yang gue temmpati itu mengadakan ujian nasional, gue belajar sungguh-sungguh dari pagi sampe menjelang pagi lagi, tapi itu semua berubah katika negara api menyerang...

tepatnya waktu itu temen sebangku Tes gue itu jenius!! maka dari itu gue putuskan untuk berhenti belajar dan temen jenius gue itulah yang menjadi tumpuan buat gue, berhari-hari gue nyontek sama temen sebangku gue dan tiba pada waktunya ketika negara api berhenti menyerang!!
temen sebangku gue dirolling dipindahin kedepan, so...otomatis gue sebagai pelajar musti extra kerja keras atau belajar lagi buat ulangan kedepannya.

dan disaat itu pula lah, rasa percaya diri gue hilang! padahal semaleman gue udah belajar sungguh-sungguh. setiap gue mau jawab soal yang menurut gue itu bener, tapi terhalang oleh fikiran negative kalau jawaban yang pengen gue jawab itu salah. maka dari itu men...timbullah rasa kurang percaya diri dan ragu-ragu.
oke..buat kalian yang lagi baca postingan gue kali ini, nyontek itu boleh aja tapi tau aturannya! kadang nyontek itu kayak narkoba, sekalinya kena bikin nagih.
2. Semua Pelajaran yang lo pelajari sia-sia

yaps..bener banget, ketika lo menoleh untuk mencari jawaban terbenar ke temen lo, disaat itu pula lah..semua pelajaran yang lo pelajari sedikit demi sedikit itu sia-sia,
sama hal nya kayak gue (padahal kagak pernah nyontek) waktu itu gue mencoba nyontek sama temen di sebelah gue, pada saat itu juga pikiran gue udah buntu total klimaks, sampe-sampe mau ngitung kancing aja gundah gulana, masih canggung apakah jalan terbaiknya ngitung kancing atau nyontek ke temen...

tapi waktu itu gue punya prinsip yang meyakinkan banget, yaitu "ngitung kancing itu lebih hina daripada nyontek ke temen" dan fix akhirnya gue celingukang ke temen yang ada disebelah gue, akhirnya gue dapet jawaban, tapi kagak tau juga itu bener atau salah.

dan ketika gue nyontek ke temen yang ada di sebelah gue, tiba-tiba badan gue menggigil, gue berhalusinasi tinggi dan yang parahnya lagi gue panas dingin!!! seakan mau mendapatkan wahyu *tsah~*
dan ternyata bener...tuhan memberikan gue hidayah...berupa larangan untuk mencontek...tertera di surah "al-nyontek" *alah apaan sih....-_-*
seketika gue flashback ke memory-memory pas gue masih belajar di bangku kelas satu...
singkat cerita, gue tersadar dari flashback gue, akhirnya gue ngambil kesimpulan, yaitu..nyontek itu dapat menghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu..*yaakale..*
dan ternyata ketika lo nyontek..semua pelajaran yang lo pelajari itu bakalan sia-sia dan gak ada gunanya..
ibarat lo makan oncom... nutrisi-nya gak ada, tapi cuma bikin kenyang doang..al hasil gak bermutu banget!
3. Di pandang Sebelah mata sama guru

Gue : "eh..coeg..nomor 69 apaan? yang a. apa b.? atau c. apa b.? atau e.?"

Temen gue : "soalnya kan cuma sampe 50 doang kampret..."

Gue : "............" *seketika hening*

tiba-tiba terdengar suara yang sedikit keras dan agak bergema, sampe-sampe kaca di ruangan kelas gue bergemertaran sampe-sampe pada pecah *yakale*

Guru gue : "woy kampret!!!!!!! ngapain kamu nanya-nanya ke temen kamu???"

Gue : "anu bu...anu bu...."

Guru gue : "yasudah....lanjutkan nyonteknya..."

Gue : "..........." *joget harlem shake di atas meja*

waktu itu gue pernah, ketawan nyontek sama guru gue, tepatnya lagi pelajaran tata busana, you know lah what I mean... pelajaran busana itu kan susahnya minta ampun.. melebihi matematika, gue buntu banget pelajaran yang gak masuk UN tersebut, dan akhirnya gue mencoba mencari pertolongan sama temen yang ada di samping temen gue..

singkat cerita, ketika gue lagi nyalin jawaban temen gue dari 1-50.. tiba-tiba guru gue yang super duper killer memergoki gue, sontak gue kaget dan terkejut, akhirnya kertas ulangan gue di ambil dan hari itu juga gue gagal mengikuti ulangan dan bad day banget buat gue, al hasil gue ngerjain ulangan gue tersebut itu harus nyusul di lain hari, dan gak enaknya lagi nih ya..... bapak atau ibu guru yang tadinya respect sama kita, pas kita ketawan nyontek.. mereka kagak bakalan lagi se-respect dulu, yang ada kita bakalan di pandang sebelah mata, cam kan itu!! betepa bahayanya perbuatan nyontek itu....
4. Nilai tinggi, tapi Gak puas

yaps...setiap melakukan kesalahan pasti selalu ada rasa penyesalan, sama hal-nya seperti nyontek.
tepatnya waktu itu lagi pembagian hasil ulangan matematika kelasan gue, singkat cerita...
tiba-tiba nama gue disebutin sama guru matematika gue, kalau gue itu dapet nilai tertinggi diantara semua anak-anak dikelasan gue, sontak gue seneng bukan main, sampe-sampe gue joget cesar di depan guru gue *yakale*

enggak...gue langsung sujud syukur gitu, gue berterima kasih sama Allah, soalnya allah udah baik sama gue dan mau menjawab doa-doa gue selama ini. tapi disela-sela ke-happy-an gue dalam melampiaskan kegembiraan gue, terlihat bayu temen gue sedang mojok di sudud kelas sambil memandangi hasil nilai ulangannya tersebut.
gue kira...nilainya dia jelek atau terpuruk gitu, eh ternyata eh ternyata.... nilai dia derajatnya melebihi gue.

gue langsung galau... soalnya baru kali ini ada salah satu temen gue, bisa ngalahin nilai matematika gue *sayat-sayatin tangan make silet*

Gue : "loh..kok lo diem aja bay..kan nilai lo tinggi..pasti lo kerja keras banget ya?"

Bayu : :hmmm...enggak yan..ini mungkin lagi hokki aja, tapi kalau boleh jujur...gue nyontek yan.."

Gue : "hah..nyontek?" *kata gue sambil kaget unyu gitu*

Bayu : "iya yan...gue nyontek sama google..., kagak puas banget kayaknya gue dapet nilai segini tapi hasil nyontek" *kata bayu dengan nada penuh penyesalan*

gue sebagai temen yang baik cuma bisa menampol bayu gara-gara berkata jujur kalau dia itu udah nyontek *enggak gitu juga kali...-_-*
gue menasehati bayu dengan hati ke hati, saat itu juga bayu bertaubat dan menyesali perbuatannya tersebut.
TAMAT-_-
*epilogue
ya emang bener banget, dapet nilai tinggi tapi hasil jeri payah nyontek itu kayaknya sia-sia banget, ibaratnya itu, ketika lo mencoba beramal...tapi ketika lo beramal..lo ada unsur ria atau pengen diliat orang, itu sama aja pahalanya ilang!! sama halnya kayak nyontek..nilai bagus tapi hasil orang lain itu rasanya beda banget sama hasil pas-pas-an tapi hasil sendiri:)

oke...itu tadi diatas adalah hal-hal negative dari lo mencontek, tapi nilai positive dari nyontek itu ada juga kok...oke ini dia nilai positive dari mencontek, yaitu :
1. nilai lo bakalan tinggi
2. disayang guru, soalnya nilai lo tinggi
3. dikagumin sama adek kelas maupun temen, soalnya nilai lo tinggi
4. disayang orang tua, soalnya nilai lo tinggi
5.  uang jajan bakalan nambah, soalnya nilai lo tinggi

oke..itu tadi nilai positive dari mencontek, kayaknya  itu aja dah..point-point tentang contek mencontek, berhubung tangan gue udah pada bengkak, udah kayak overdosis hormon testosteron... gue sudahi aja dulu postingan gue sampe disini...

seperti biasa...sebelum gue tutup postingan gue, gue bakalan ngasih kesimpulan...
jadi kesimpulannya itu..nyontek itu boleh-boleh aja, kalau tau takarannya...tapi nyontek bisa jadi haram , ketika pengawas ujian kalian itu killer #SalamSuper

Np : I see star – It will be up(high school never ends)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

jomblo dan kembang api :v

disable

Shattering words.